Windows Live Writer untuk Update Artikel secara Offline

Windows Live Writer untuk Update Artikel secara Offline – Windows Live Writer dapat digunakan untuk membantu Anda dalam memperbarui konten. Dengan adanya alat bantu tersebut, Anda dapat mempersiapkan informasi untuk website tanpa koneksi internet sebelumnya. Namun terlebih dahulu yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh program yang disediakan oleh Microsoft http://get.live.com/write/overview. Tekan tombol Download untuk memulai proses download program bantu ini.

Program ini dapat digunakan untuk mengelola berbagai software CMS, terutama yang berbasis blog. Blogger.com/Blogger dan WordPress dapat dikelola menggunakan perangkat lunak ini. Melalui software ini, Anda dapat menambahkan gambar, video, peta, tabel dan konten menarik lainnya. Selain itu, Anda dapat melihat tampilannya sebelum dipublikasi. Nantinya Anda dapat menyimpannya ke dalam web server pada saat memperoleh koneksi internet.

Namun yang perlu diperhatikan dalam penggunaan program ini, Anda harus menggunakan sistem operasi minimum Windows XP dengan Service Pack 2, Windows Vista, Windows 7, atau Windows Server 2008. Sedangkan Windows XP Profesional x64 Edition tidak didukung oleh Windows Live Writer. Pastikan juga komputer Anda telah terinstalasi Microsoft .Net Framework 2.0 atau di atasnya.

Setelah proses download selesai, klik ganda pada ikon file wlsetup-web.exe. Proses instalasi akan diawali dengan jendela persiapan instalasi. Pastikan koneksi internet sudah aktif karena instalasi membutuhkan beberapa file dari internet. Tunggulah sampai jendela “Preparing the installer ..” hilang dari layar monitor Anda.

Selanjutnya pilihlah program yang hendak diinstalasi bersama Windows Live Writer. Jika Anda tidak menginginkan instalasi program lainnya, maka hilangkan tanda cek pada masing-masing pilihan program. Kapasitas harddisk yang dibutuhkan akan tampak di bagian kanan bawah jendela instalasi. Tekanlah tombol Install untuk memulai proses instalasi.

Proses instalasi akan dijalankan setelah memeriksa ada tidaknya program yang konflik dengan Windows Live Writer. Tunggulah sampai presentase di dalam baris Overall progress menunjukkan nilai 100%.

Setelah proses instalasi selesai, Anda akan diminta untuk menentukan beberapa opsi tentang pilihan layanan pencarian, homepage awal di dalam web browser dan persetujuan untuk membantu Windows Live Writer dengan informasi yang Anda miliki. Semua kotak cek pada opsi tersebut dapat dikosongkan jika Anda tidak menginginkannya. Tidak ada dampak apa pun yang ditimbulkan dari pilihan tersebut. Jangan lupa tekan tombol Continue untuk melakukan proses.

Sambutan selamat datang akan muncul pada jendela berikutnya. Jika Anda belum pernah memiliki akun Windows Live, Anda juga dapat melakukan pendaftaran melalui link “Sign Up” di dalam jendela tersebut. Namun jika Anda tidak membutuhkan akun tersebut, Anda dapat melewati proses tersebut dengan menekan tombol Close.

Selanjutnya jalankan program Windows Live Writer melalui menu Programs > Windows > Live > Windows Live Writer. Kemudian Anda dapat memasukkan judul artikel di dalam kotak “Enter a post title” dan konten artikel di bawahnya.

Agar dapat digunakan untuk mempublikasikan artikel ke internet, Windows Live Writer harus diatur terlebih dahulu. Untuk mendaftarkan blog yang Anda miliki, tekan menu Blogs > Add blog account. Untuk pengguna blogspot, pilihlah opsi other blog service dan tekan tombol Next.

Selanjutnya tulislah alamat weblog di dalam kotak isian “Weblog Homepage URL”, Username, dan Password yang Anda gunakan untuk login ke dalam blog. Lalu tekan tombol Next untuk melanjutkan konfigurasi akun.

Berikutnya akan muncul jendela proses deteksi weblog. Tunggulah sampai proses deteksi sampai dengan selesai. Setelah proses deteksi weblog selesai, akan tampil jendela pertanyaan untuk memperbolehkan program membuat artikel sementara untuk mendeteksi template blog. Artikel tersebut akan dihapus setelah selesai di upload.

Setelah proses di atas berhasil, akan muncul informasi bahwa weblog telah sukses dikonfigurasi. Tekanlah tombol Finish untuk menyudahi proses penambahan akun blog.

Cobalah untuk menulis artikel di dalamnya. Anda juga dapat menambahkan gambar melalui menu “Insert Picture” di sebelah kanan program. Selain gambar, Anda juga dapat menambahkan link, tabel, peta, tag, maupun video.

Anda dapat menyimpan artikel melalui tombol Save Draft. Apabila koneksi internet sudah tersedia, Anda dapat mengupload artikel menggunakan tombol Publish.

Selanjutnya akan muncul animasi proses publikasi ke dalam blog. Tunggulah proses upload sampai dengan selesai. Berikan tanda cek pada pernyataan “View in browser after publishing” untuk menampilkan blog setelah proses publikasi berhasil.

Ketika pertama kali pembuatan akun, Anda akan diminta untuk login ke dalam Picasa Web untuk kepentingan penyimpanan gambar di dalam blog.

Masukkan password yang Anda gunakan untuk login ke dalam Blogspot. Dengan masuk ke dalam Picasa Web, dianggap telah menyatakan persetujuan akan perjanjian penggunaan. Selama penggunaan Windows Live Writer, proses ini hanya akan Anda lakukan sekali saja yaitu pada saat akun blog pertama kali dibuat dan didaftarkan ke dalam Windows Live Writer.

Setelah login ke dalam Picasa Web, tekanlah tombol Publish sekali lagi untuk mengulang proses upload artikel ke dalam blog.

Dengan adanya kemudahan membuat artikel secara offline, Anda tidak akan kehilangan ide dalam pembuatan artikel blog. Dengan demikian Windows Live Writer sudah dapat digunakan setiap kali Anda melakukan pembaruan informasi di dalam website.

Demikian info tentang Windows Live Writer untuk Update Artikel secara Offline semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.