Mengatur Zone Domain dan Menyesuaikan Konfigurasi Blogspot

Mengatur Zone Domain dan Menyesuaikan Konfigurasi Blogspot – Selanjutnya Anda akan dihadapkan pada konfigurasi dua domain yaitu berakiran co.cc dan cc.cc. Tekanlah tombol setup pada domain berakhiran co.cc.

Setelah tombol setup ditekan, akan muncul halaman untuk mengatur domain. Pilihlah opsi nomor 2 yaitu mengatur Zone Records dengan menekan lingkaran di depan nomor tersebut. Opsi ini akan membuat domain co.cc langsung terintegrasi dan menjadi satu dengan Google sites milik Anda.

Jika Anda memilih nomor 1, maka harus tersedia DNS server lainnya terlebih dahulu, padahal co.cc menyediakannya secara gratis di opsi nomor 2. Sedangkan jika Anda memilih nomor 3, maka co.cc hanya akan menjadi domain forwading saja, di mana hanya memberi “topeng” alamat co.cc pada Google Sites.

Kemudian isilah host dengan nama www.namadomain.co.cc yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Pilihlah opsi Type dengan CNAME dan isilah Value dengan ghs.google.com. Jangan lupa, tekanlah tombol Setup untuk menyimpannya.

Apabila penyimpanan berhasil, maka nilai Current Zone Records akan berubah menjadi satu dengan isian host sesuai dengan yang telah Anda tambahkan sebelumnya.

Lakukan sekali lagi untuk host TANPA menggunakan www, yaitu namadomain.co.cc. Gunakan type A dengan isian value 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21. Keempat alamat di atas bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan Google pada saat itu.

Tambahan record baru ini akan digunakan ketika ada pengunjung yang mengakses alamat website tanpa menggunakan awalan www.

Menyesuaikan Konfigurasi Blogspot

Agar situs Anda yang terletak di Blogspot dapat terbuka ketika doman co.cc diakses, maka perlu dilakukan penambahan konfigurasi di dalam akun Blogspot. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghubungkan domain ke halaman Blogspot.

Masuklah (login) ke dalam Blogspot. Selanjutnya masuklah ke dalam akun Blogspot dan pilihlah sub menu Publishing (Publikasikan) di dalam menu Settings (Pengaturan). Tekan link “Custom Domain” (Domain Kustom”) untuk mengubah domain Blogspot yang dimiliki sebelumnya.

Karena Anda sudah mempunyai domain sebelumnya di co.cc, maka pilihlah link “Switch to advanced settings”.

Isilah kotak “Your Domain” dengan alamat yang telah Anda daftarkan melalui co.cc. Anda bisa menyesuaikan dengan nama domain yang telah didaftarkan sebelumnya. Selanjutnya tekanlah tombol Save Settings untuk menyimpan perubahan alamat tersebut.

Setelah penyimpanan berhasil, Anda dapat memberikan tanda cek pada opsi “Redirect namadomain.co.cc to www.namadomain.co.cc yang berguna untuk memindah permintaan alamat namadomain.co.cc ke www.namadomain.co.cc. Karena kadangkala pengguna internet menghilangkan www ketika menuliskan alamat internet.

Sebagai informasi, meskipun alamat sudah berubah menjadi co.cc, nama domain sebelumnya dengan akhiran blogspot.com tetap dapat diakses. Namun untuk kemudian diarahkan ke domain baru.

Jangan lupa untuk menekan tombol Save Settings untuk menyimpan penambahan opsi di atas.

Tunggulah maksimal 24 jam untuk perubahan domain tersebut. Sementara masa tersebut, Anda tetap dapat mengakses situs blog dengan alamat lama. Apabila muncul pertanyaan apakah blog akan dialihkan, Anda dapat menjawabnya dengan Tidak untuk tetap mengakses alamat lama.

Apabila proses pengenalan domain sudah selesai, maka alamat baru dapat digunakan untuk membuka situs blog.

Demikian info tentang Mengatur Zone Domain dan Menyesuaikan Konfigurasi Blogspot semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.